Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen

Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen IAHN Tampung Penyang

Bumi Pancasila - IAHN Tampung Penyang Palangka Raya mengadakan kegiatan peningkatan serta penguatan kemampuan pedagogik bagi para dosen. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh IAHN Tampung Penyang Palangka Raya. untuk meningkatkan kemampuan para dosen dalam memberikan pelayanan dan pengajaran bagi para mahasiswa.
Pelatihan kali ini bertempat di gedung Rektorat lt 2 selama dua hari mulai tanggal 24-25 juli 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor, Prof. Drs.I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil., serta Plt Wakil Rektor 1, Dr. Pranata, M.Si., 2. Plt Wakil Rektor II Mitro, M.Si, 3. Plt Wakil Rektor III Budi Widodo, M.H, dan diikuti oleh 63 dosen PNS.

Dalam sambutannya, Prof. Drs.I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil menyatakan bahwa acara ini diadakan dalam rangka upaya kontinyu meningkatkan kopetensi mutu dan pengembangan di bidang pelayanan dan pengajaran bagi mahasiswa IAHN TP Palangka Raya. Prof. Drs.I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil juga menyatakan bahwa mahasiswa IAHN TP terdiri dari mahasiswa yang beragam, yang berasal dari berbagai macam latar belakang yang berbeda, terutama kultur dan local wisdom yang harus dihadapi dengan penuh dedikasi dan kesabaran. Metode pembelajaranpun harus variatif agar tidak membosankan serta bisa tuntas.

Sedangkan Prof. Drs.I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan yang positif ini. Beliau menjelaskan bahwa proses pengajaran itu tidak hanya transfer of knowledge tetapi juga mentransfer nilai (transfer of values). Transfer nilai inilah yang harus ditekankan ketika mengajar, dan harus bisa menyerap serta mengukuhkan nilai kearifan local wisdom daerah masing – masing. Yang dibutuhkan oleh mahasiswa adalah motivasi dan semangat untuk belajar. Ketika mahasiswa sudah memiliki motivasi diri untuk belajar, maka dengan sendirinya mahasiswa tersebut akan beraktualisasi pengembangan potensi diri secara optimal, semangat dalam belajar, dan sukses dalam menjalani karir pendidikannya.

Setelah memberikan sambutan, Prof. Dr. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil secara resmi membuka acara tersebut dengan puja panganjali umat disambut tepuk tangan para peserta.
Acara ini menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing. Di antaranya adalah Prof, Dr I ketut Suda, M.si., salah satu peneliti yang banyak berbicara tentang penyusunan Silabus KKNI, Praktik Penyususnan Silabus, teori dan praktek serta simulasi tentang strategi pembelajaran kreatif.

Prof. Dr. Ir Qomariyatus Sholihah, Amd., Hyp.,ST., M.Kes. IPU berbagi tentang penyususnan rencana pembelajaran Semester KKNI strategi pembelajaran berbasis student center learning (SCL). Pemateri terakhir adalah Sylvi Dewajani tentang Praktik Penyususnan Rencana Pembelajaran Semester, penyusunan kontrak kuliah dan jurnal kuliah KKNI . Diharapkan dengan pelatihan ini, para dosen memiliki semangat baru dan metode pengajaran yang variatif serta inovatif sehingga proses pembelajaran di kampus bisa terlaksana dengan nyaman, menyenangkan dan maksimal. (Bija/Publikasi)