OJS 2018 IAHN-TP

Sinergi IAHN Tampung Penyang dengan RJI Kalimantan Tengah

Palangka Raya – Sejumlah pengelola jurnal di Kalimantan Tengah yang bergabung dalam wadah Relawan Jurnal Indonesia (RJI) mengadakan pertemuan Bulanan di Kampus Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangkaraya pada rabu, (15/8/2018).

Dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan jurnal di perguruan tinggi khususnya di Kalimantan Tengah maka RJI Kalteng terus mengembangkan pendampingan Teknis Open Jurnal System (OJS) kepada perguruan tinggi di Wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Kota Palangka Raya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Rektorat Lt.2 Institut Agama Hindu Negri Tampung Penyang yang diikuti oleh pengelola jurnal seluruh perguruan tinggi se Kalimantan Tengah. Kegiatan ini berfokus pada “SET UP OJS dan tata kelola” yang didampingi langsung oleh Ketua Korda RJI Kalimantan Tengah Dr. Desi Erawati, M.Ag.

Rektor IAHN Tampung Penyang Prof. Drs.I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil membuka acara secara resmi dalam sambutannya mengatakan “ Saya sangat berterima kasih dengan kehadiran RJI Kalteng yang sudah bersedia membikin kegiatan seperti ini untuk memperbaiki jurnal yang ada di masing – masing perguruan tinggi, tentunya dengan adanya kegiatan yang penting ini kami berharap jurnal-jurnal kami didampingi sampai terindeks kalau bisa sampai terakreditasi”
Prof. Drs.I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil dalam sambutanya mengatakan bahwa RJI hadir di Kalimantan Tenggah untuk berbagi, menggiatkan, dan membantu para penulis maupun pengelola jurnal mengatasi kendala-kendala dalam publikasi karya ilmiah dan membantu jurnal yang berbasis elektronik . Acara yang diikuti 55 orang pengelola jurnal dari berbagai universitas dan perguruan tinggi ini juga membahas tentang apa itu tata kelola open journal sistem 3 dan tata cara pendaftaran Arjuna.

Pengelolaan jurnal online berbasis OJS merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang ditujukan untuk mengatur e-journal, aplikasi OJS ini bersifat open source yang bisa memanajemen serta menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah dari proses call for paper, peer review, hingga penerbitan dalam bentuk online. “Terima kasih pada Institut Agama Hindu Negri Tampung Penyang telah mempercayai Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Kalimantan Tengah mendapingi para pengelola Jurnal,” Ujar Dr. Desi Erawati, M.Ag Korda Relawan Jurnal Indonesia (RJI) Kalimantan Tengah.