IAHN TP Palangka Raya Kumpulkan 13 Kantong Darah

Dies Donor darah

Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya menggelar aksi donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan dies natalis IAHN TP KE I. Kegiatan donor darah dilakukan di halaman Kampus, Senin 8 April 2019 bekerjasama dengan PMI Kota Palangka Raya.

Kade Sadwidya selaku Koordinator kagiatan donor darah mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan program yang pertama kali diadakan sejak peralihan status STAHN TP menjadi IAHN TP Palangka Raya tanggal 5 April 2018 sesuai dengan Perpres Nomor 31 Tahun 2018, tujuan donor darah diselenggarakan sebagai wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan warga IAHN TP baik Dosen, Pegawai maupun Mahasiswa.

“Aksi donor darah ini merupakan bentuk solidaritas sosial IAHN TP Palangka Raya kepada sesama. Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan,” ungkap Kade.

Dalam acara yang diselenggarakan oleh IAHN TP ini setidaknya lebih dari Puluhan pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya. Para peserta terdiri dari Dosen, Pegawai, mahasiswa dan karyawan di lingkungan kampus IAHN TP. Namun yang lolos hanya 13 orang, yang tidak diijinkan untuk donor dikarenakan tekanan darah dan hemoglobinnya tidak memenuhi syarat,” jelas Kade Sadwidya.

Aksi donor darah ini mendapatkan apresiasi positif dari civitas akademika IAHN TP. Salah satunya Dede Suryanto, MH, Dosen pada Fakultas Dharma Sastra yang rutin melakukan donor darah setiap 3 bulan sekali. Ia mengaku telah mendonorkan darahnya sebanyak 13 kali di sejumlah rumah sakit dan berbagai aksi donor darah di Palangka Raya. Dede rutin melakukan donor darah karena merasa prihatin tidak sedikit pasien dalam kondisi gawat yang sulit mendapatkan donor darah.

Pernyataan senada disampaikan Dodi Karno, mahasiswa prodi Seni Keagamaan Hindu yang baru pertama kali ini melakukan donor darah. Ia berharap dari setitik darah yang didonorkan oleh para mahasiswa dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain.

(Humas, 8/4/2019)