7 Pejabat IAHN-TP Mengikuti Diklat Revolusi Mental

Palangka Raya. Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Banjarmasin melaksanakan Diklat di Wilayah Kerja (DDWK) Revolusi Mental Bagi ASN Kementerian Agama bertempat di Aula Kanwil Kemenag Prov. Kalteng selama 6 hari terhitung mulai tanggal 18 April sd. 23 April 2019.
Kegiatan Diklat dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Kalteng Drs. H. Masrawan, M.Ag.

Dalam sambutannya mengatakan bahwa Diklat Revolusi Mental ini merupakan Wujud bukti dukungan dari Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin terhadap kebijakan Pemerintah yang sangat mendorong terwujudnya Revolusi Mental. Gerakan Revolusi Mental diharapkan tidak berhenti pada perubahan pola pikir dan sikap saja, namun harus diikuti dengan perubahan perilaku, kebiasaan, dan pembentukan karakter yang menyatukan antara pikiran, perkataan dan perilaku sebagai suatu integritas.

Lebih lanjut Masrawan menyatakan dengan gerakan Revolusi Mental diharapkan seluruh Aktivitas Aparatur pemerintah didasari oleh nilai-nilai revolusi mental. Hal ini akan tercermin dari pelayanan publik yang semakin baik, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan stabilitas nasional yang mantap.

Materi dan Diskusi diberikan oleh sejumlah Widyaiswara dari Balai diklat Banjarmasin.
Kapita Selekta Kemenag disampaikan oleh Drs. H. Surian Nor, SH (Kabag TU Kanwil Kemenag Prov. Kalteng).
Konsep dasar Pelayanan Publik berbasis Revolusi Mental dan Nilai Agama oleh Risdiyati, M.Pd.
Aktualisasi Budaya Kerja Pelayanan Publik Berbasis Nilai Revolusi Mental dan Nilai Agama oleh Drs. Surya Subur, M.Pd.
Materi Kebijakan Teknis Diklat Revolusi Mental bagi ASN dalam membangun budaya kerja pelayanan berbasis nilai-nilai agama disampaikan oleh H. Zainal Ilmi, S. Ag.,M.Pd.I (Kepala BDK Banjarmasin).

Diklat diikuti 36 peserta dari berbagai Instansi di Kota Palangka Raya seperti utusan Kanwil Kemenag Prov. Kalteng, IAIN, IAHN TP, STAKN, KUA dan Utusan Kemenag Kota Palangka Raya.

Pada Hari ini Selasa(23/4)* dilaksanakan upacara Penutupan Diklat Di Wilayah Kerja (DDWK) Revolusi Mental bagi ASN Kementerian Agama Prov. Kalteng,

Rahmat Riyadi, S.Sos sebagai perwakilan peserta menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti diklat, merasa bahagia bisa berkumpul bersama untuk belajar dan berdiskusi yang dipandu oleh Widyaiswara yang Profesional sehingga mendapat ilmu untuk diterapan dimasing-masing instansi. Riyadi juga menyampaikan pesan agar selalu ingat kepada Tuhan dalam melaksanakan tugas pelayanan. “jika kita melayali dengan selalu mengingat Tuhan maka kita akan bekerja sungguh- sungguh dan Iklas, ungkapnya.

Mari kita amalkan semua yang kita peroleh selama mengikuti Diklat. Dengan ilmu Revolusi Mental yang kita dapatkan hendaknya ada perubahan perilaku dalam bekerja di instansi kita masing-masing, pesan Riyadi.

Sambutan Kepala Balai Diklat Keagamaan Barjarmasin dalam hal ini disampai Ibu Risdiyati, M.Pd menyampai ucapan terimakasih kepada Kakanwil Kemenag Prov. Kalteng karena telah menyediakan dan turut mensukseskan kegiatan Diklat Revolusi Mental Di Wilayah Kerja Kementerian Agama.

Peserta berjumlah 36 orang yang terdiri utusan Kanwil Kemenag Prov. Kalteng, Kemenag Kota, IAIN, IAHN TP, STAKN, dan KUA di Kota Palangka Raya, dapat mengikuti dengan baik. Kegiatan 10 jam setiap hari dan 60 jam dalam 6 hari ini diakhir kegiatan diadakan evaluasi yang meliputi kemampuan dan penguasaan materi dan Action Plan. Penilaian dilakukan secara kelompok dan secara Individu. Aspek sikap kedisiplinan merupakan aspek yg menentukan kelulusan peserta Diklat. Dari 36 peserta 35 orang dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan Sertifikat Diklat Revolusi Mental, 1 orang tidak lulus dikarenakan kehadirannya yang sangat kurang.

Risdiyati juga mengharapkan Kepada Kakanwil agar selalu memantau Pegawai/ASN Kementerian Agama selalu bekerja dengan baik dan menerapkan Ilmu yang diperoleh selama mengikuti Diklat Revolusi Mental, dan juga memohon maaf kepada peserta jika ada hal yg kurang berkenan.
“Segala yang telah diberikan agar dapat diaplikasikan dalam melaksanakan Tugas di Tempat kerja masing-masing dan menjadi pelayan yang baik, pesan Risdiyati.

Kakanwil Kemenag Prov Kalteng (Drs. H. Masrawan, M.Ag) dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Balai Diklat, Para Widyaiswara yg telah memberikan ilmu kepada ASN Kementerian Agama, dan kepada seluruh peserta yg telah sungguh-sungguh melaksanakan Diklat, dan dikatakan juga siap untuk memantau disiplin ASN di Kemenag dengan selalu melakukan Regulasi dan diaplikasikan dalam tugas.

Kakanwil juga siap untuk memotivasi semua ASN baik Pejabat maupun Staff untuk selalu berdisiplin dalam bekerja dan selalu menerapkan 5 budaya kerja kementerian Agama yakni Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggungjawab, dan Keteladanan, tutup Kakanwil.