Seminar Akademik Fakultas Dharma Acarya

Fakultas Dharma Acarya Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menyelenggarakan Seminar Akademik pada hari Rabu, 29 Mei 2019, bertempat di Aula IAHN-TP Palangka Raya. Seminar ini mengusung tema: “Pengembangan Fakultas Dharma Acarya Melalui Pembukaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)”, dengan menghadirkan dua narasumber yaitu:

  1. Prof. Dr. Joni Bungai, M.Pd (Dekan FKIP Universitas Palangka Raya)
  2. Ni Putu Sri Pinatih, S.Pd., M.Pd.H (Dosen Fakultas Dharma Acarya IAHN-TP Palangka Raya).

Seminar  dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga  IAHN-TP Palangka Raya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dekan Fakultas Dharma Sastra, Dekan Fakultas Dharma Duta dan Brahma Widya, Wakil Dekan 1 Fakultas Dharma Acarya, dan beberapa Pejabat Struktural dan Fungsional IAHN-TP Palangka Raya.

Foto Laporan Ketua Panitia (dok. Humas)

Dalam Laporan Ketua Panitia (Lamri, S.Pd., M.Pd.H) menyebutkan bahwa tujuan dari seminar ini adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) melalui pengembangan Fakultas Dharma Acarya dengan pembukaan Program Studi PGSD. “Peserta seminar ini terdiri dari unsur Dosen dan mahasiswa IAHN-TP Palangka Raya dari beberapa Fakultas dengan jumlah total 300 orang”, imbuhnya.

Foto Pembukaan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga (dok. Humas)

Seminar dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAHN-TP Palangka Raya (Dr. Pranata, S.Pd., M.Si.) Dalam sambutannya beliau mengatakan, “Pembukaan Prodi PGSD ini dirasa sangat penting, untuk memenuhi tuntutan dalam persaingan SDM di masa mendatang. Kita juga harus terus mengembangkan diri untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat akan SDM yang tangguh”.

“IAHN-TP Palangka Raya adalah milik kita semua, mari kita berkomitmen tinggi untuk memajukan Institut kita ini melalui pengembangan program studi baru di semua Fakultas”, tutup beliau di akhir sambutan pembukaan seminar.

Foto saat penyampaian materi oleh narasumber (dok. Humas)

Prof. Dr. Joni Bungai, M.Pd selaku narasumber pertama mengungkapkan, “Pembukaan program studi PGSD di IAHN-TP saya rasa sangat tepat, dengan beberapa langkah strategis perlu untuk menyambut masa depan dengan berbagai macam pengembangan di dalam Perguruan Tinggi. Tren setiap tahun untuk jumlah pendaftar seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk Prodi PGSD Universitas Palangka Raya meningkat drastis, sedangkan kapasitas yang mampu kami tampung saat ini hanya sekitar 150 mahasiswa.”

“Untuk memenuhi kebutuhan pengembangan prodi baru, perguruan tinggi harus memenuhi beberapa kriteria, diantaranya adalah: jumlah dosen, kurikulum, sarana prasarana, dan dukungan sistem yang harus jelas”, pungkasnya.

Foto saat penyampaian materi oleh narasumber (dok. Humas)

Ni Putu Sri Pinatih, M.Pd.H selaku narasumber kedua menyampaikan, “Guru SD bisa menjadi sosok yang sangat berperan dalam membentuk karakter siswanya, karena seperti yang kita ketahui bangku Sekolah Dasar ibaratkan pondasi yang menjadi landasan dalam pembentukan kepribadian anak didiknya menuju jenjang-jenjang pendidikan selanjutnya”.

Foto Peserta Seminar Akademik (dok. Humas)
Foto Peserta Seminar Akademik (dok. Humas)

“Dengan pembukaan program studi baru ini diharapkan nantinya dapat menampung seluruh calon guru Sekolah Dasar yang beragama Hindu ataupun agama lainnya yang ada di Kalimantan Tengah maupun di luar Kalimantan Tengah”, tutupnya.

Penulis : Rizka Ferdiansyah

Editor : I Kadek Agus Yadnya