PENGUATAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

IAHN-TPnews,- Globalisasi tidak bisa lepas dari perkembangan ilmu dan teknologi serta berbagai aspek yang mengiringinya. Saat ini, inovasi telah banyak diciptakan dan merusak pasar yang sudah ada, kemudian menggantikan teknologi terdahulu tersebut sehingga banyak kalangan menamakannya dengan era desruptif dan revolusi industri 4.0. Oleh karena itu, Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Agama Agama Hindu IAHN TP Palangka Raya menggelar Seminar Akademik dengan tema Penguatan Manajemen Pendidikan di Era Digital, bertempat di Gedung Student Center, Kamis (12/9). Dengan menghadirkan Narasumber Utama Prof. Dr. Danes Jaya Negara, SE.,M.Si. Sebagai Narasumber Pendamping Dr. Putu Widyanto, M.Pd.H. dan Dr. Wayan Gepu sebagai Moderator.

Foto Nasumber dan Moderator Seminar Akademik

Acara dibuka secara Resmi Rektor IAHN TP Palangka Raya dalam hal ini diwakili oleh Direktur Pascasarjana, Dr Mujiyono, M.Ag. Dalam sambutannya, Mujiyono mengatakan bahwa seminar merupakan suatu tradisi yang digunakan untuk mengkaji ilmu pengetahuan. Dalam Agama Hindu disimbulkan dengan Genitri. yang bermakna ilmu tidak akan pernah habis untuk dikaji.

Foto Pada Saat Sambutan Direktur PPs

“Diera digital dan milenial ini kita harus berkopetitif dan bersaing untuk memajukan diri sendiri, bangsa dan negara”, ungkapnya.

“Dalam manajemen pendidikan kita harus memiliki cita cita besar untuk mendapatkan dan mencapai tujuan Agama Hindu yakni Catur Purusa Artha, Dharma, Artha, Kama dan Moksa”, jelasnya.
Di sela-sela sambutannya Direktur Pascasarjana mengajak seluruh peserta untuk doa bersama mendoakan Alm. BJ Habibie (Presiden ke 3 RI), semoga Amor Ring Acintya.

Foto Saat Laporan Ketua Panitia

Dr. I Ketut Sudiarta dalam laporan Ketua Panitia mengatakan bahwa Kegiatan Seminar ini diikuti oleh 75 peserta yang berasal dari Dosen dan mahasiswa perwakilan masing-masing prodi di lingkungan IAHN TP Palangka Raya.

“Tujuan Seminar ini sebagai wadah dalam bertukar informasi dan komunikasi antar para pakar pendidikan, peneliti, akademisi, mahasiswa dan masyarakat umum serta mencari solusi terkait dengan permasalahan dalam peningkatan kualitas manajemen pendidikan dalam menghadapi era globalisasi”, ungkapnya.

“Dari kegiatan ini diharapkan bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, pendidik dan masyarakat baik dari aspek Iptek maupun keterampilan, serta implementasi dalam peningkatan kualitas manajemen pendidikan dalam menghadapi era globalisasi sebagai upaya peningkatan mutu di kampus IAHN TP”, pungkas Sudiarta. //sar//