Apresiasi Seni Prodi Pendidikan Seni dan Keagamaan

IAHN-TPnews,- Kamis (28/11) Bertepatan dengan Acara Penutupan PSBO III dan LKIM 2019, Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menggelar kegiatan Apresiasi Seni bertempat di lapangan sepak bola IAHN-TP Palangka Raya. Kegiatan yang diprakarsai sepenuhnya oleh Program Studi Pendidikan Seni dan Keagamaan Fakultas Dharma Acarya IAHN-TP Palangka Raya ini merupakan sebuah proses penghayatan terhadap sebuah Karya Seni dan Penghargaan terhadap karya seni itu sendiri.

Unsur pimpinan IAHN-TP dan tamu undangan yang hadir di Apresiasi Seni

Acara ini dihadiri oleh Rektor IAHN TP Palangka Raya dan Jajarannya baik Pejabat Sruktural dan Fungsional di Lingkungan IAHN TP Palangka Raya, Dewan Kesenian Palangka Raya (DKPR), Kasi Kesenian Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, para peserta mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Seni dan Keagamaan IAHN-TP Palangka Raya serta tamu undangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kota Palangka Raya.

Semangat para peserta Apresiasi Seni

Dalam kegiatan Apresiasi Seni ini ditampilkan berbagai kreasi seni dari para mahasiswa Prodi Pendidikan Seni dan Keagamaan, diantaranya adalah:

  1. Apresiasi Seni Suara yang meliputi: Karungut, Deder, Dodoi, Tumet Leout, Lagu Daerah Kalteng, dan Lagu Kerohanian;
  2. Apresiasi Seni Tari terdiri atas 3 tampilan Tarian Dayak dan 1 tampilan Tarian Bali;
  3. Apresiasi Puisi;
  4. Apresiasi Seni Bela Diri Tradisional Dayak Kalteng yang terdiri atas Tampilan Lawang Sakepeng dan Pertunjukan Kuntau;dan
  5. Apresiasi Kerajinan Seni dengan menampilkan berbagai hasil karya seni mahasiswa seperti baju tari, sumping, lawung, talawang, payetan, manik lamiang, cindera mata dan sebagainya.

I Komang Suarta, S.Ag.,M.Si selaku Ketua Program Studi Pendidikan Seni dan Keagamaan IAHN-TP Palangka Raya dalam sambutannya mengungkapkan Apresiasi Seni ini dapat menarik perhatian berbagai pihak sehingga menjadi media yang tepat untuk promosi ataupun publikasi kampus IAHN-TP Palangka Raya. Menurut Komang kegiatan ini mengindikasikan bahwa Prodi Pendidikan Seni dan Keagamaan bisa menunjukkan eksistensinya ke mata publik.

Antusias di Stand Pameran Karya Seni Mahasiswa

“Semoga kegiatan serupa akan tetap bisa berlanjut pada tahun mendatang dengan tingkat kemeriahan yang lebih baik,” harap Komang.

Ada hal yang menarik dalam pertunjukan Apresiasi Seni kali ini, dalam salah satu Karungut yang ditampilkan oleh salah satu peserta apresiasi, terselip Sosialisasi tentang Prodi Pendidikan Seni dan Keagamaan yang merupakan murni hasil karya dari Komang sendiri.//sar//