Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar

Webinar PGSD 2021

IAHN-TPnews,- Rabu(05/05/2021) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Dharma Acarya Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menggelar webinar nasional dan Call of Paper dengan tema Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar.Webinar nasional yang dilaksanakan secara daring ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Webinar nasional ini dibuka secara virtual oleh Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si., D.Phil selaku Rektor IAHN-TP Palangka Raya bertempat di Ruang Kuliah Gedung Fakultas Dharma Acarya Lantai II IAHN-TP Palangka Raya. Acara pembukaan webinar dilaksanakan secara terbatas dan dihadiri oleh unsur pimpinan dan pejabat fungsional maupun struktural Fakultas Dharma Acarya serta diikuti oleh seluruh peserta webinar secara online. Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa dalam masa pandemi ini, masyarakat akademik di tingkat pendidikan dasar, menengah, atas maupun tinggi memiliki tantangan berat atas keberlangsungan proses pendidikan.

Rektor membuka secara resmi Webinar Nasional Prodi PGSD Tahun 2021
Rektor membuka secara resmi Webinar Nasional Prodi PGSD Tahun 2021

“Saat ini, selain kesehatan dan daya tahan tubuh diri kita diuji, kita juga diuji untuk tetap tampil prima memberikan pelayanan publik yang terbaik di dunia perguruan tinggi. Berkenaan dengan digitalisasi pendidikan, kita di dunia pendidikan harus siap mengikuti dinamika informasi dan teknologi yang terus berkembang di era digital ini untuk bisa memberikan pelayanan publik kepada masyarakat akademik sehingga pendidikan tidak akan pernah mandeg atau berhenti di tempat. Kita terus perkuat keilmuan dengan mengikuti perkembangan teknologi, sehingga kita bisa mengatasi tantangan dari gelombang pandemi ini dengan tetap aktif dan kreatif,” pesannya.

“Diharapkan dengan webinar ini, kita sebagai tenaga pendidik dapat meningkatkan kualitas diri menjadi tenaga pendidik yang tangguh dan berdaya saing,” harap Rektor.

I Made Paramarta, S.Ag., M.Si selaku Moderator dalam Webinar kali ini menyebutkan bahwa kegiatan ini menghadirkan tiga narasumber, yaitu Dr. Drs. Rachmadi Widdiharto, M.A (Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar), Dr. I Putu Widyanto, M. Pd. H (Ketua Prodi PGSD IAHN-TP Palangka Raya), dan Farid Ahmadi, Ph.D (Sekretaris Umum Himpunan Dosen PGSD Indonesia). Selain itu ada pemaparan atas dua artikel terbaik yang terpilih, yaitu artikel dengan judul Penerapan Aplikasi Kinemaster dalam Pembelajaran IPA melalui LMS pada Mahasiswa Prodi PGSD oleh Aan Widiyono, M. Pd (Dosen PGSD UNISNU Jepara) dan artikel dengan judul Pendekatan Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pendidikan Era Digital oleh Krisma Natalia, M. Pd (Dosen PGSD IAHN-TP Palangka Raya) dan Niwayan Sukraini, S. Pd., M. Pd (Dosen PSN IAHN-TP Palangka Raya). //sars//