90 Mahasiswa FDA IAHN TP Mengikuti Pembekalan PPM

HUMAS IAHNTPnews,- Fakultas Dharma Acarya Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya melaksanakan Pembekalan Mahasiswa Program Praktik Mengajar (PPM) Tahun 2022 bertempat di Aula Serbaguna IAHN-TP Palangka Raya, Rabu (31/08/2022).

Kegiatan dihadiri oleh segenap Pejabat dan Unsur Pimpinan Fakultas Dharma Acarya, Dosen Pembimbing PPM, Tenaga Kependidikan, serta seluruh mahasiswa Fakultas Dharma Acarya semester 7 yang mengikuti Program Praktik Mengajar.

Program Praktik Mengajar merupakan sebuah praktik mengajar bagi mahasiswa semester 7 yang bertujuan untuk mengasah kemampuan dalam hal memahami administrasi pembelajaran seperti program tahunan, program semester, silabus, RPP, dan lain sebagainya, untuk mengasah kemampuan mengajar dan kemampuan menjadi calon guru sehingga keluarannya menghasilkan calon-calon guru yang unggul dan profesional.

Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Dharma Acarya, Dr. Derson, S.Ag., M.Ag dalam sambutannya berharap agar seluruh mahasiswa peserta Program Praktik Mengajar (PPM) dapat mengikuti kegiatan Pembekalan pada hari ini dengan sebaik-baiknya, sehingga semua materi baik yang berisi informasi, wawasan, keterampilan serta pemahaman terkait dengan praktik mengajar ini dapat diterima sebaik mungkin dan dapat diimplementasikan ketika terjun langsung untuk mengajar di sekolah-sekolah yang telah dipilih sehingga para mahasiswa kelak diharapkan dapat menjadi pendidik yang baik serta memiliki akhlak yang baik dan dapat menjadi contoh yang dapat diteladani oleh para siswa ataupun murid ditempat melaksanakan PPM.

“Diharapkan para mahasiswa agar menyimak dan memperhatikan dengan sungguh-sungguh sehingga bagi mahasiswa sebagai calon guru mempunyai bekal kelak mengajar di sekolah serta dalam rangka mengimplementasikan materi yang telah disampaikan selama perkuliahan”, ujar Dekan.

Dekan berpesan kepada seluruh mahasiswa peserta PPM agar dapat intens berkomunikasi dengan guru pamong yang ada di sekolah maupun kepada Dosen Pembimbing agar PPM yang dilaksanakan dengan baik dan lancar serta mahasiswa diharapkan tetap menjaga nama baik almamater kampus IAHN-TP Palangka Raya.

“Sekali lagi saya berpesan kepada adik-adik mahasiswa jaga nama almamater kita bersama. Tolong dipersiapkan dari sekarang baik secara mental, kesehatan supaya tidak ada lagi nanti alasan tidak bisa lagi mengikuti PPM”, tegasnya.

I Made Paramarta, S.Ag., M.Si selaku Ketua Pengelola PPM dalam laporannya mengatakan pelaksanaan Program Praktik Mengajar (PPM) tahun 2022 Fakultas Dharma Acarya ini diikuti oleh 90 peserta PPM yang tersebar di 30 sekolah dengan rincian 54 mahasiswa dari prodi Pendidikan Agama Hindu yang akan melaksanakan Progran Praktik Mengajar di 18 sekolah baik itu ditingkat SD, SMP, dan SMA yang ada di Kota Palangka Raya, serta diikuti oleh 20 mahasiswa dari prodi Pendidikan Seni dan Keagamaan yang melaksanakan Program Praktik Mengajar di 7 sekolah tingkat SMP dan SMA yang ada di Kota Palangka Raya serta diikuti oleh 16 mahasiswa dari prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang melaksanakan Program Praktik Mengajar di 5 Sekolah Dasar di Kota Palangka Raya yang telah melakukan kerja sama sebagai Sekolah Mitra.

Pembekalan PPM ini menghadirkan empat narasumber yang merupakan Dosen dari Fakultas Dharma Acarya, yakni I Komang Mertayasa, S.Pd., M.Si yang akan membahas tentang Tugas Pokok dan Fungsi Guru, Dr. Nali Eka, S.Ag., M.Si yang membahas tentang Administrasi Pembelajaran, Dr. Putu Widiyanto, M.Pd.H yang akan membahas mengenai Evaluasi Hasil Belajar, serta I Made Paramarta, S.Ag., M.Si yang akan membahas terkait Proses Pelaporan PPM. //a.s//