Guna mewujudkan tujuan-tujuan yang telah dirumuskan diatas, program studi PGSD telah memiliki strategi pencapaian tujuan yang efektif dan efisien yang merujuk pada visi dari program studi yaitu menghasilkan lulusan tenaga pendidik sekolah dasar yang profesional yang mengarah pada prinsip Good University Governance yang berlandaskan nilai-nilai agama dan pengembangan karakter sehingga nantinya dapat dikatakan sebagai Sarjana Pendidikan Dasar yang selain memiliki kualitas unggul juga berbudaya. Selain itu juga melalui pemahaman konsep serta pedagogik yang begitu komprehensif mahasiswa dibekali ilmu yang relevan sebagai calon pendidik khususnya disekolah dasar yaitu dengan menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas dan religius berbasis teknologi informasi. Mahasiswa juga dalam hal ini diberikan pemahaman kompetensi sebagai calon pedidik pada sekolah dasar dengan melaksanakan penelitian berbasis pendidikan sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik maupun pembelajaran serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset untuk memecahkan permasalahan pendidikan sekolah dasar. Membekali mahasiswa dengan kompetensi sebagai (calon) pendidik pada sekolah dasar dengan mengembangkan jaringan kerjasama di bidang pendidikan sekolah dasar untuk meningkatkan daya saing merupakan salah satu strategi pencapaian yang dilakukan oleh program studi untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, output/ lulusan Prodi PGSD diharapkan memiliki kompetensi yang sesuai dengan bidang keahlian mereka, sehingga terciptanya profesionalitas dan life skill yang unggul dan berkarakter sehingga terbentuk pribadi yang jujur, disiplin, penuh percaya diri dan bertanggung jawab, mampu bekerja yang serta menjalin hubungan yang baik dalam tim secara interdisipliner dan perbedaan (kultur, bahasa dan lain-lain), mampu bekerja keras dalam tekanan, inovatif, kreatif, mandiri dan memiliki inisiatif serta ide-ide baru, kemampuan berkomunikasi yang baik dan sopan baik secara lisan maupun tulisan. Sikap yang dijabarkan tersebut dapat diukur dengan menggunakan angket respon pengguna alumni. Melalui penguatan nilai-nilai karakter tersebut diharapkan lulusan prodi PGSD memiliki kompetensi sebagai pendidik sekolah dasar yang mampu bersaing sesuai tuntutan pembelajaran di abad 21 yang berkarakter dan berbudaya. Penguatan nilai-nilai karakter ditanamkan terus-menerus pada setiap proses belajar pembelajaran berlangsung di program studi PGSD sebagai pembiasaan diri yang terlatih dengan baik selama proses pendidikan, sehingga dapat digunakan sebagai bekal berkompetisi dalam dunia kerja dimana lulusan selain unggul karena memiliki intlektual yang tinggi, mereka juga terbentuk menjadi pribadi yang berbudaya.