IAHN-TP Palangka Raya Jalin Kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

IAHN-TPNews,- Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya dalam hal ini diwakili oleh Budhi Widodo, SH., M.H selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menghadiri kegiatan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) tentang Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR), Kamis (22/04/2021) bertempat di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya Jl. RTA. Milono Km. 1,5 Palangka Raya.

Kerjasama yang dijalin antara Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya dengan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya, kelembagaan dan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, yang mencakup mengenai pelaksaan pendidikan, pelaksanaan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kampus merdeka serta merdeka belajar.

Dalam sambutannya, Dr. Sonedi, M.Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya menjabarkan sedikit mengeni program merdeka belajar yang dibuat oleh Kemendikbud yang mana sangat diperlukan oleh Perguruan Tinggi saat ini.

“Dalam merealisasikan program khusus Kemendikbud Merdeka Belajar, Kampus Merdeka itu salah satunya harus ada MoU baik itu antar perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. Yang pada dasarnya nanti bisa dimanfaatkan untuk melakukan baik itu magang, PKL dan seterusnnya. Sehingga, mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang lebih dalam di bidang yang digelutinya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ia juga mengharapkan agar kerjasma yang dilaksanakan tidak hanya sebatas MoU saja, bahkan terus berlanjut hingga ke perjanjian Kerja Sama. “Yang dilaksanakan kita pada hari ini adalah bagian dari momentum untuk bisa melaksanakan kerjasama ini, walaupun kerja sama ini hanya sebagai payung besarnya saja tetapi yang menjadi penggerak dari kerjasama ini adalah PKS. Inilah mudah-mudahan apa yang kita tandatangani ini tidak hanya sebatas kita menandatangani MoU saja, tetapi sampai mengarah kepada tindak lanjut itu yaitu dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS),” harapnya.

Prosesi penandatanganan MoU Kerjasama antara IAHN-TP Palangka Raya dengan UMPR
Prosesi penandatanganan MoU Kerjasama antara IAHN-TP Palangka Raya dengan UMPR

Budhi Widodo, SH., M.H selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya dalam sambutannya, sangat menyambut positif dengan adanya jalinan kerja sama ini.

“Sekali lagi kami menyambut baik, terus terang ini juga bentuk anjuran Kementerian Agama sebenarnya, untuk bisa selalu bersama-sama dalam rangka mewujudkan moderasi beragama juga kemudian yang tidak kalah penting adalah bagaimana mewujudkan tugas pokok perguruan tinggi, yaitu Tridharma Perguruan Tinggi dan tadi terkait dengan bagaimana program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar, itu juga perlu kita persiapkan,” ungkapnya.

Kegiatan Penandatanganan MoU ini juga turut dihadiri oleh Rektor Universitas Kristen Palangka Raya, Ketua STMIK Palangka Raya dan Kepala Stasiun Radio Republik Indonesia (RRI) Palangka Raya. //sars//