Pembinaan ASN

IAHN-TP news,- Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menggelar kegiatan pembinaan ASN pada hari Senin (21/10) di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lantai II IAHN-TP Palangka Raya. Kegiatan ini mempunyai maksud untuk melaksanakan Pembinaan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan IAHN-TP Palangka Raya. Acara ini dihadiri oleh seluruh Unsur Pimpinan baik Struktural maupun Fungsional, Dosen, dan Pegawai baik pegawai negeri sipil maupun pegawai kontrak IAHN-TP Palangka Raya.

Pembinaan ASN
Rektor menyampaikan materi Pembinaan ASN

Kegiatan pembinaan ini dipimpin langsung oleh Rektor IAHN-TP Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil. Dalam penyampaian materinya beliau mengatakan, “Pembinaan ini mempunyai maksud untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di IAHN-TP Palangka Raya sehingga menjadi ASN yang unggul di segala bidang. ASN dalam hal ini adalah seluruh SDM yang mengabdi kepada Negara Republik Indonesia di lingkungan Kementerian Agama Republik Indonesia umumnya, dan di IAHN-TP Palangka Raya khususnya, baik itu pegawai negeri sipil maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja”, ujarnya.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan 3 peraturan yang wajib dipatuhi oleh seluruh ASN Kemenag, khususnya IAHN TP Palangka Raya, yaitu Surat Kepala BKN No: K.26-30/V.72-2/99 Tanggal 31 Mei 2018 tentang Pencegahan Potensi Gangguan Ketertiban dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi PNS, PMARI No.12 Tahun 2019 tanggal 6 Agustus 2019 tentang Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai ASN Kemenag, dan PMARI No.13 Tahun 2019 tanggal 6 Agustus 2019 tentang Majelis Kehormatan Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai ASN Kemenag.

Pembinaan ASN
Peserta Pembinaan ASN

Kode Etik dan Kode Perilaku adalah pedoman sikap, tingkah laku, dan perbuatan pegawai ASN Kemenag dalam melaksanakan tugas dan kehidupan sehari-hari. Sedangkan Majelis Kehormatan adalah lembaga non struktural pada Kemenag yang bertugas melakukan penegakan, pelaksanaan, dan penyelesaian pelanggaran Kode Etik dan Kode Perilaku.

Rektor menegaskan bahwa ASN pada Satuan Kerja IAHN TP Palangka Raya agar mematuhi ketentuan atau peraturan yang telah berlaku sesuai surat Kepala BKN Jakarta, PMARI No.12 dan 13 tahun 2019, serta perundang-undangan yang telah berlaku, untuk menjadi ASN yang berdisiplin dan menjadi panutan bagi masyarakat akademik di kampus IAHN TP Palangka Raya serta masyarakat, bangsa dan negara.

“Bagi setiap ASN yang tidak mematuhi peraturan yang berlaku akan dikenakan sanksi oleh Majelis Kehormatan Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai ASN Kementerian Agama Republik Indonesia,” tegas Rektor.

Pembinaan ASN - Kepala Biro AUAK menyampaikan kesimpulan kegiatan Pembinaan ASN
Kepala Biro AUAK menyampaikan kesimpulan kegiatan Pembinaan ASN

Di akhir kegiatan, Kepala Biro AUAK, Dr. Drs. Ida Bagus Gede Subawa, M.Si menambahkan, “PNS sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga situasi serta kondisi yang tertib dalam melaksanakan tugasnya, tetap menjaga integritas, loyalitas, dan berpegang teguh pada 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta mematuhi peraturan tentang larangan untuk menyebarluaskan berita yang berisi ujaran kebencian mengenai suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).”//sar//