Indonesia Hebat Bersama Umat

IAHNTPnews,- Apel Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2024 Jajaran Kementerian Agama Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Jajaran Kementerian Agama Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah laksanakan Apel bersama dalam rangka Peringatan Hari Amal Bhakti ke-78 Kementerian Agama RI bertempat di Lapangan IAHN-TP Palangka Raya, Rabu (03/01/2024).

Apel perayaan HAB digelar serentak oleh ASN Kemenag, pusat dan daerah.┬áPada tahun ini, Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya berkesempatan menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan rangkaian peringatan HAB ke-78 Jajaran Kemenag Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah. HAB ke-78 kali ini mengangkat tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”

Berkesempatan menjadi Pemimpin Apel, Gubernur Kalimantan Tengah dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Tengah Drs. Suhaemi, M.Si dalam amanatnya membawakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutannya, Menteri Agama RI menegaskan bahwa Hari Amal Bakti tidak semata sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama.

“Pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama”.

Lebih lanjut, Menag mengatakan sebagai institusi yang memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama, pendidikan dan keagamaan, Kementerian Agama memikiki tugas yang tidaklah ringan, salah satu diantaranya adalah tugas menjaga harmoni kehidupan beragama diantaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama.

Selain itu, Menag mengatakan untuk menjalankan tugas membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama, pemberian bekal pendidikan agama yang moderat dapat menjadikan fondasi yang kokoh guna tercapainya tujuan pembangunan.

Lebih lanjut, Menag berharap dengan segala prestasi, keberhasilan, dan apresiasi yang telah diterima oleh Kementerian Agama sejauh ini, tidak membuat jajaran Kementerian Agama menjadi berpuas diri dan berhenti mengembangkan eksistensinya, melainkan terus berbenah dan mengevaluasi diri untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Dalam momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, Menag mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk dapat
meningkatkan spirit layanan kepada seluruh umat beragama yang dilandasi dengan panggilan hati dan selaras dengan tema yang diangkat dalam HAB ke-78 yakni “Indonesia Hebat Bersama Umat”.

Menyambut Pemilu Tahun 2024, Menag mengajak kepada seluruh jajaran Kementerian Agama untuk senantiasa menjaga diri, keluarga, dan masyarakat sekitar serta menjaga netralitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Selain itu, Sebagaimana tahun sebelumnya, sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian kepada negara, Kementerian Agama di tahun ini turut memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 10.198 Pegawai Negeri Sipil.

Menteri Agama dalam sambutannya berharap dengan pemberian penghargaan tersebut dapat menjadi dorongan untuk terus meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama.

Kegiatan Apel HAB ke-78 di lingkungan Kemenag Prov. Kalteng diakhiri dengan penyerahan Piagam Penghargaan yang dilanjutkan dengan penampilan tari dan atraksi yoga dari mahasiswa(i) IAHN-TP Palangka Raya yang kemudian dilanjutkan dengan pengundian kupon doorprize.

Setelah pelaksanaan Apel HAB, rangkaian peringatan HAB ke-78 Kemenag RI Jajaran Tingkat Kalteng dilanjutkan dengan acara Syukuran Hari Amal Bhakti oleh seluruh jajaran Kementerian Agama RI di lingkungan Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah bertempat di Aula Serbaguna IAHN-TP Palangka Raya.

Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya Dr.Mujiyono, S.Ag.,M.Ag saat menyampaikan Sambutan Syukuran mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen Kementerian Agama yang ikut dalam Apel Gabungan di IAHN TP Palangka Raya dan mengucapkan permohonan maaf jika dalam kegiatan HAB ke 78 yang mana IAHN sebagai tuan rumah ada kekurangannya.

Penulis : Ni Made Sudharmi, SH
Editor : I Kadek Agus Yadnya, S.Fil.H.,M.Pd.H