BEM IAHN-TP Palangka Raya Gelar Seminar Kepemimpinan Hindu

IAHN-TPNews,- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya Periode Tahun 2021 menggelar Seminar Kepemimpinan Hindu dengan tema “Meningkatkan Generasi Muda Hindu Yang Berjiwa Kepemimpinan”, Jumat (7/5/2021) bertempat di Gedung Student Center Lantai III IAHN-TP Palangka Raya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor IAHN-TP Palangka Raya yang dalam hal ini diwakili oleh Budhi Widodo, S.H.,MH selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya.

Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber, yakni Yuas Elko, S.Sos., M.Si (Staf Ahli Gubernur Bidang Ekoubang Setda Provinsi Kalteng) dan Drs. Murni Djinu (PNS PEMKO Palangka Raya).

Laporan oleh Ketua Panitia
Laporan oleh Ketua Panitia

Saat menyampaikan laporan kegiatan, Riandi selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa kegiatan Seminar BEM IAHN-TP Palangka Raya Tahun 2021 ini diikuti sebanyak 100 orang peserta seminar. Ia juga mengharapkan agar semua peserta seminar dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehingga seminar yang dilaksanakan dapat berguna nantinya.

“Selamat mengikuti kegiatan kepada seluruh peserta seminar pada kesempatan ini, semoga apa yang disampaikam nantinya oleh para narasumber bisa berguna dalam kehidupan masyarakat untuk meningkatkan pemahaman dan makna dari kepemimpinan,” ujarnya.

Sambutan oleh Wakil Presiden BEM IAHN-TP Palangka Raya
Sambutan oleh Wakil Presiden BEM IAHN-TP Palangka Raya

Mardiono selaku Wakil Presiden BEM IAHN-TP Palangka Raya dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya seminar ini ialah untuk meningkatkan sumber daya manusia generasi muda Hindu yang siap pakai kedepannya.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia kita generasi muda Hindu kedepannya agar mampu berdaya saing, agar mampu berkontribusi sebagai generasi-generasi umat Hindu yang siap pakai,” ungkapnya.

Sambutan oleh Wakil Rektor III IAHN-TP Palangka Raya
Sambutan oleh Wakil Rektor III IAHN-TP Palangka Raya

Budhi Widodo, S.H.,MH selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAHN-TP Palangka Raya dalam sambutannya menyambut positif dengan digelarnya kegiatan Seminar Nasional BEM IAHN-TP Palangka Raya tahun 2021 ini.

“Kegiatan kecil semacam ini, di tengah degradasi kepemimpinan khususnya umat Hindu, saya kira perlu mendapat apresiasi. Untuk kelahiran pemimpin yang baik tentu tidak bisa terjadi secara instan, tidak mungkin itu. Jadi, kita harus step by step. Melalui kegiatan ini, anda berorganisasi ini juga termasuk di dalamnya untuk bagaimana kita meningkatkan daya saing anda,” jelasnya.

Lebih lanjut, Budhi sedikit menerangkan mengenai konsep ajaran Hindu yang berkaitan dengan pendidikan karakter dan berharap kepada mahasiswa agar dapat menerapkannnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Dimohon, konsep agama kita sudah jelas ada Catur Guru, ada Guru Swadyaya (hormat kepada sang pencipta, Ranying Hatalla Langit), kemudian Guru Wisesa (hormat kepada pemimpin, pemerintah), Guru Pengajian (hormat kepada guru kita, dosen kita), yang terakhir Guru Rupaka (hormat kepada orang tua) ini adalah bagian dari bagaimana pendidikan karakter kita berikan, sehingga pemimpin-pemimpin kedepan bisa menjadi apa yang disebutkan memiliki daya saing. Serta dilengkapi dengan Tri Kaya Parisudha, bagaimana kita berfikir, berkata dan berbuat harus selaras,” sambungnya.

Mengakhiri sambutannya, Budhi tak lupa mengingatkan kepada seluruh peserta maupun panitia penyelenggara seminar agar tetap secara ketat mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah demi menjaga kesehatan diri masing-masing dari dampak penyebaran virus COVID-19. //sars//