Pustakawan IAHN-TP Palangka Raya Raih Juara 1 Pustakawan Berprestasi Terbaik Kalteng

Lomba Pustakawan

IAHN-TPnews,- Pustakawan Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, I Gusti Ayu Ketut Yuni Masriastri, SE., MM berhasil terpilih menjadi Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan berhak mewakili Kalimantan Tengah dalam Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik di Tingkat Nasional setelah berhasil meraih Juara 1 dengan mengalahkan tujuh Pustakawan lainnya dari berbagai daerah dan instansi di Kalimantan Tengah dalam lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 yang diselenggarakan dari tanggal 7 Juni s/d 8 Juni 2021 oleh Perpustakaan Nasional RI bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah Jl. AIS Nasution No. 11 Kota Palangka Raya.

Lomba Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik tersebut dilaksanakan dengan menjalankan beberapa tes seperti tes tertulis dan wawancara di hari pertama, serta penyampaian ide dan inovasi dalam pengembangan perpustakaan di era Industri 4.0 pada hari kedua. I Gusti Ayu Ketut Yuni, SE., MM ketika ditemui di Unit Kerja Perpustakaan IAHN-TP Palangka Raya, tidak menyangka bisa memenangkan pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi ini.

“Terima kasih terhadap Lembaga yang memberikan kesempatan kepada saya untuk mewakili kampus mengikuti lomba yang luar biasa bagi kami, karena memang benar-benar adu kemampuan SDM (Sumber Daya Manusia). Lembaga sudah memberikan perhatian yang luar biasa kepada perpustakaan, apapun yang menjadi keinginan kami selama ini selalu dipenuhi. Harapannya ke depan, IAHN Tampung Penyang menambah jumlah Pustakawan yang ada, kami hanya ada dua orang, semoga ada generasi penerus yang mampu melanjutkan langkah ke depan,” ungkapnya.

“Otomatis perlu persiapan yang jauh lebih matang lagi, saya akan lebih banyak komunikasi dengan pihak Perpustakaan Daerah karena nanti mereka ada karantina kecil, kami harus membuat program yang akan saya bawakan untuk (perlombaan) ke-tingkat Nasional. Saya juga harus mengisi diri saya dengan pengetahuan di bidang kepustakaan karena ada tes tertulis, dan itu memang benar-benar diuji pengetahuan di bidang perpustakaan,” tuturnya saat ditanya mengenai persiapan ke depan untuk menghadapi perlombaan selanjutnya.

Rektor IAHN-TP Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si., D.Phil mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih oleh Pustakawan IAHN-TP Palangka Raya kali ini. Rektor menyampaikan bahwa raihan prestasi ini telah mampu mengharumkan nama IAHN-TP Palangka Raya.

“Terima kasih atas perjuangan Pustakawan kita yang telah berhasil meraih hasil terbaik dalam ajang Pemilihan Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2021 dan terpilih sebagai Duta Pustakawan dari Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengikuti Perlombaan Tingkat Nasional. Untuk itu, Lembaga akan selalu memberikan dukungan penuh dalam segala persiapan yang dibutuhkan untuk mengikuti perlombaan tersebut,” ucap Rektor.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan IAHN-TP Palangka Raya, Wentin, S.Ag., M.Pd.H mengungkapkan hal senada. Wentin menuturkan bahwa prestasi yang telah diraih ini mampu memberikan motivasi yang lebih bagi rekan-rekan Pustakawan IAHN-TP Palangka Raya yang lain untuk terus meningkatkan kualitas diri hingga mampu mengharumkan nama IAHN-TP Palangka Raya.

“Seperti sebelumnya, kami juga setiap saat akan memberi dukungan kepada siapapun termasuk Pustakawan kami untuk memanfaatkan segala fasilitas dan sarana di Perpustakaan IAHN-TP Palangka Raya, khususnya pada saat ini adalah dalam mempersiapkan diri mengikuti Perlombaan Tingkat Nasional sehingga mampu meraih prestasi yang diharapkan dan menjadi yang terbaik di Tingkat Nasional,” tuturnya. //sars//