Prodi Pramuwisata Budaya dan Keagamaan Gelar Praktik Pemandu Wisata

IAHN-TPnews,- Selasa(7/6/2021), Prodi Pramuwisata Budaya dan Keagamaan Fakultas Dharma Duta dan Brahma Widya (FDDBW) Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menggelar kegiatan Praktik Pemandu Wisata dengan tema “Menjadi Pemandu Wisata Profesional di Era Pandemi COVID-19”.

Kegiatan Praktik Pemandu Wisata ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Dharma Duta dan Brahma Widya (FDDBW), yang dalam hal ini diwakili oleh Handoko, S.Ag., M.Ag selaku Wakil Dekan I FDDBW. Dalam sambutannya, Handoko mengapresiasi dengan adanya kegiatan Praktik Pemandu Wisata ini dan mengharapkan kepada peserta agar dapat memanfaatkan Praktik Pemandu Wisata ini dengan semaksimal mungkin agar kelak dapat digunakan sebagaimana mestinya dan dapat berguna bagi masyarakat.

Sambutan oleh Wakil Dekan 1 FDDBW
Sambutan oleh Wakil Dekan 1 FDDBW

“Saya ucapkan apresiasi kepada Prodi Pramuwisata Budaya dan Keagamaan yang  menyelenggarakan kegiatan Praktik Pemandu Wisata hari ini. Mahasiswa bisa berdiskusi, berkomunikasi kepada para pemateri, menanyakan apa yang belum tahu dari pemateri. Kemudian mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat ke masyarakat, apalagi dengan adanya nanti Merdeka Belajar, banyak hal yang harus kita siapkan. Sehingga nanti mahasiswa lulusan Pramuwisata Budaya dan Keagamaan IAHN-TP Palangka Raya siap tampil setelah lulus, dan ilmu yang dimiliki berguna untuk masyarakat luas,” urainya.

Dalam laporan oleh Budi Purnomo, SH., M.Si selaku Ketua Panitia kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan agar mahasiswa peserta praktik dapat melek budaya dan belajar untuk menjadi pemandu wisata yang baik serta paham dan mampu memahami potensi budaya yang ada di Kalimantan Tengah. Ia berharap dengan adanya kegiatan Praktik Pemandu Wisata ini dapat memotivasi mahasiswa.

Laporan oleh Ketua Panitia Kegiatan
Laporan oleh Ketua Panitia Kegiatan

“(Dengan kegiatan ini) nantinya anak-anak kita terutama guide-guide yang ada di Kalimantan ini semakin melek budaya. Sehingga anak-anak ini mampu untuk memberikan jawaban dari para wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh Kalimantan pada umumnya, dan Kalimantan Tengah pada khususnya,” harapnya.

“Semoga kami mendapatkan output yang terbaik dari pelaksanaan kegiatan dengan tema Pemandu Wisata Profesional di Era Pandemi COVID-19 ini. Dengan materi dari para narasumber ini akan dapat memupuk semangat anak-anak mahasiswa, dan mahasiswa yang sudah semester akhir akan memiliki motivasi lebih untuk segera berbuat sebagaimana yang telah dicapai oleh narasumber yang hadir kali ini,” tuturnya.

Pemaparan Materi oleh Narasumber
Pemaparan Materi oleh Narasumber

Kegiatan Praktik Pemandu Wisata ini diikuti oleh sepuluh mahasiswa Prodi Pramuwisata Budaya dan Keagamaan FDDBW IAHN-TP Palangka Raya sebagai peserta. Kegiatan yang digelar di Gedung Student Center Lantai III IAHN-TP Palangka Raya ini berlangsung selama dua hari yaitu dari tanggal 8 s/d 9 Juni 2021, dengan menghadirkan tiga narasumber, yakni Bhayu Rhama, ST., MBA., Ph.D (Dosen Fisip Universitas Palangka Raya), Yonathan Philip Thomas (Praktisi Pariwisata Kalimantan Tengah) serta Apriadi, SH (Wiraswasta, Praktisi Pariwisata Kalimantan Tengah). //sars//