UPT Bahasa Gelar Webinar Orientasi Kompetensi Berbahasa

IAHN-TPnews,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menggelar Webinar Orientasi Kompetensi Berbahasa dengan tema “Peningkatan Mutu Karya Tulis Ilmiah dan Penulisan Tata Naskah Dinas Lingkungan Kemenag RI”, Jumat (30/07/2021).

Acara pembukaan kegiatan dihadiri oleh Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, serta Kepala Biro AUAK yang hadir secara daring maupun secara luring bertempat di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lantai II IAHN-TP Palangka Raya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sambutan oleh Rektor
Sambutan oleh Rektor

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si. D.Phil selaku Rektor IAHN-TP Palangka Raya yang pada kesempatan kali ini hadir secara virtual, yang mengapresiasi dengan diadakannya kegiatan webinar ini dan mengatakan bahwa kegiatan yang digelar sangat baik dan positif karena bahasa merupakan hal yang memiliki makna penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang mana dengan adanya bahasa dapat mempererat jalinan persaudaraan, menjadi suatu identitas dan menjadi alat komunikasi sosaial satu dengan lainnya.

“Berbicara tentang kebahasaan, ini memiliki makna yang luar biasa bagi kita sekalian, kita bisa memaknai salah satu identitas adalah bisa berbahasa, bisa melakukan aktifitas, berkomunikasi, bisa melakukan suatu kegiatan yang memang ada kontak antara satu dengan yang lainnya dalam kehidupan ini,” ungkap Rektor.

“Dengan berbahasa itulah kita bisa menyambung persaudaraan kemudian menyambung rasa kekeluargaan, menyambung rasa kebersamaan, kemudian bagaimana adanya komunikasi sosial satu dengan yang lain dengan penuh makna. Saya rasa kegiatan ini sangat positif, saya apresiasi dengan sangat baik. Semoga webinar ini berjalan tertib dan lancar,” ujar Rektor.

Laporan oleh Ketua Panitia Kegiatan
Laporan oleh Ketua Panitia Kegiatan

Evie, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Panitia dalam laporannya mengatakan, kgiatan webinar dilaksanakan dengan maksud sebagai tempat untuk mendapatkan informasi, pengetahuan dan kecakapan dalam bidang berbahasa. Evie jg melaporkan kegiatan Webinar Orientasi Kompetensi Berbahasa ini dilaksanakan secara virtual (daring) menggunakan aplikasi Zoom dengan diikuti oleh 130 peserta dan menghadirkan dua narasumber, yakni Prof. Dr. Maria Arina Luardini, MA (Guru Besar Universitas Palangka Raya) dan Dr. Imam Qalyubi, S.S., M.Hum (Dosen IAIN Palangka Raya) dengan dipandu oleh Ayu Fitriana, M.Pd sebagai moderator. //sars//