Wisuda Bukan Akhir dalam Menuntut Ilmu

Kesan dan pesan dari predikat lulusan terbaik program sarjana (S1)

IAHNTPnews,- Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya melaksanakan Sidang Senat Terbuka Wisuda III Sarjana dan Pascasarjana IAHN-TP Palangka Raya Tahun 2021 secara daring dan luring bertempat di Gedung Serbaguna IAHN-TP Palangka Raya, Rabu (17/11/2021).

Sebanyak 87 Mahasiswa IAHN-TP Palangka Raya mengikuti kegiatan Wisuda Angkatan III Sarjana dan Pascasarjana. Pelaksanaan Wisuda kali ini digelar secara Hibryd, yakni pelaksanaannya dilaksanakan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui Channel Youtube IAHN Tampung Penyang Palangka Raya serta secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Guna mematuhi prokes sesuai anjuran pemerintah, pada acara wisuda ini IAHN-TP tidak mengikutsertakan orangtua wisudawan untuk hadir dalam acara wisuda, hal ini karena IAHN-TP melakukan pembatasan jumlah peserta yang ada di dalam gedung.

Direktur Jenderal Bimbingam Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. Tri Handoko Seto, S.Si., M.Sc yang berkesempatan hadir melalui virtual (daring) dalam acara Wisuda ini berharap melalui wisuda ini, IAHN-TP Palangka Raya dapat menjadi kebanggaan umat Hindu di seluruh Indonesia, dapat melahirkan banyak pemikir Hindu yang handal serta menjadikan IAHN Tampung Penyang Palangka Raya sebagai pusat kajian dan pengembangan agama budaya Hindu, sehingga dapat terus membangun agama di masa yang akan datang.

“IAHN Tampung Penyang Palangka Raya akan mampu berbicara lebih banyak di tengah-tengah dunia pendidikan yang semakin kompetitif”.ujarnya.

Dalam sambutannya, Dirjen juga berharap agar IAHN Tampung Penyang Palangka Raya dapat memulai dan terus berbenah sehingga IAHN Tampung Penyang Palangka Raya dapat melahirkan tenaga pendidik, guru, dosen dan penyuluh yang berkualitas dan profesional dibidangnya bahkan kedepan dapat melahirkan Damang, Basir serta pemandu wisata yang berkualitas tentunya dapat menjadi SDM yang memiliki etika dan moral serta responsif dan adaptif terhadap kemajuan jaman sehingga memiliki daya saing di dunia kerja.

Gubernur Kalimantan Tengah yang pada kesempatan ini diwakili oleh Dr. Lies Fahimah, M.Si selaku Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dalam sambutannya turut menyampaikan ucapan selamat kepada IAHN-TP Palangka Raya dan para wisudawan-wisudawati karena telah melaksanakan acara wisuda ini dan berharap agar acara wisuda ini bukan sebagai akhir dalam menuntut ilmu melainkan menjadi tahapan awal dalam proses meningkatkan sumber daya manusia untuk mengisi kader-kader bangsa dan kader-kader umat Hindu pada khususnya yang berkualitas tinggi serta mampu mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki saat nanti terjun langsung dalam masyarakat.

Dalam sambutannya, Lies juga menyampaikan agar IAHN Tampung Penyang Palangka Raya mampu memberikan output yang berkualitas yang mana mampu melihat dan mengkaji peluang serta tantangan dengan memanfaatkan potensi yang ada untuk memberikan kontribusi bagi visi dan misi Pembangunan Daerah Kalimantan Tengah Khususnya dalam bidang peningkatan pendidikan dan kesehatan.

“Wisuda ini menandai langkah awal saudara terjun dan berkiprah di tengah-tengah masyarakat, dengan tantangan yang tidak sedikit dan tidak mudah serta persaingan yang ketat”, ujarnya.

Searah dengan sambutan Gubernur, Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si,l., D.Phil menyampaikan kepada para wisudawan dan wisudawati agar dapat menjaga nama baik almamater IAHN Tampung Penyang Palangka Raya serta dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh dan dapat mengamalkan sikap positif yang telah diperoleh selama menimba ilmu di IAHN Tampung Penyang Palangka Raya, seperti sikap selalu belajar, bekerja cerdas dan mampu berkompetisi untuk kemajuan bersama serta dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa, meningkatkan sradha dan bhakti dan mampu mengembangkan budi pekerti luhur yang merupakan suatu kewajiban dasar.

“Ini adalah bentuk pertanggungjawaban IAHN Tampung Penyang Palangka Raya kepada masyarakat, bangsa dan negara”, ujarnya.

“Akhirnya kami ucapkan selamat memasuki era baru sebagai sarjana kepada seluruh wisudawan wisudawati. Dengan ijazah yang saudara peroleh hari ini, saudara segera memikul tanggungjawab yang lebih besar”, tambahnya.

Dalam laporannya, Rektor juga menyampaikan bahwa jumlah mahasiswa yang mengikuti wisuda kali ini berjumlah 87 wisudawan yang terdiri dari 8 wisudawan dari strata dua (S.2) dan 79 wisudawan dari strata satu (S.1) dengan rincian, 6 wisudawan dari Prodi Magister Pendidikan Agama Hindu, 2 Wisudawan dari Prodi Magister Manajemen Agama Hindu, 47 wisudawan dari Prodi Pendidikan Agama Hindu, 6 wisudawan dari Prodi Pendidikan Seni dan Keagamaan, 7 wisudawan dari prodi Penerangan Agama Hindu, 4 wisudawan dari Prodi Filsafat Agama Hindu, 3 wisudawan dari prodi Pramuwisata Budaya dan Keagamaan, 9 wisudawan dari prodi Hukum Agama Hindu dan 3 wisudawan dari prodi Hukum Adat dengan perolehan IPK paling rendah 3.00 dan tertinggi 3,80 serta rata-rata lama lulus adalah 8 semester untuk program strata satu (S.1) serta IPK terendah 3,43 dan tertinggi 3,90 untuk program Pascasarjana.

Pada wisuda kali ini tercatat ada empat wisudawan yang meraih predikat lulusan terbaik (dengan pujian) dan berhak mendapatkan Piagam Penghargaan, yakni I Made Pustikayasa, ST., M.Pd dari Prodi Magister Pendidikan Agama Hindu Program Pascasarjana (IPK 3,90), Wisnu Dharmawan, S.Pd dari Prodi Pendidikan Agama Hindu Fakultas Dharma Acarya memperoleh (IPK 3,80), Litra, S.H dari Prodi Hukum Agama Hindu Fakultas Dharma Sastra (IPK 3,87), serta Widya, S.Par dari Prodi Pramuwisata Budaya dan Keagamaan (IPK 3,78).//sars//