Pentas Seni Budaya Fakultas Dharma Acarya IAHN TP Palangka Raya

IAHNTPnews,- Pergelaran Pentas Seni dan Budaya Fakultas Dharma Acarya Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya Tahun 2021 bertempat di Halaman Gedung Fakultas Dharma Acarya, Rabu (15/12/2021).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si., D.Phil yang mengapresiasi atas digelarnya Pentas Seni dan Budaya yang dilaksanakan dan berharap agar kegiatan Pentas Seni yang untuk pertama kalinya dilaksanakan oleh Fakultas Dharma Acarya ini dapat diselenggarakan secara terus-menerus disetiap tahunnya dan tidak hanya di Fakultas Dharma Acarya tetapi juga di Fakultas lainnya.

Dalam sambutannya, Rektor juga menyampaikan selama kegiatan yang dilaksanakan di lingkup IAHN Tampung Penyang Palangka Raya itu positif untuk meningkatkan kreativitas dan juga dapat melestarikan adat dan budaya, tentu lembaga akan selalu mendukung, ini merupakan bukti peran serta kecintaan kita kepada Kalimantan Tengah dan sekaligus kepada bangsa Indonesia juga sebagai wujud dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
Rektor juga berpesan kepada mahasiswa agar selalu menguatkan seni dan budaya yang ada melalui implementasi wujud nyata dengan kreativitas dan inovasi yang dimiliki.

“Semoga seni dan budaya menjadi lestari kedepan. Ini sebagai salah satu wujud bahwa IAHN Tampung Penyang Palangka Raya mampu menciptakan, melestarikan dan juga mensosialisasikan seni budaya yang luhur di daerah kita Kalimantan Tengah”.

“Semoga kegiatan ini berlanjut dan berkesinambungan, seperti halnya sungai Kahayan yang tidak pernah terputus dan terus mengalir”, harapnya.

Dr. Drs. I Wayan Karya, M.Si., M.Pd selaku Dekan Fakultas Dharma Acarya menyampaikan selain sebagai media hiburan yang memiliki makna agar kita selalu bergembira, terhibur, senang, percaya diri dalam upaya menjaga dan melestarikan khasanah budaya leluhur yang agung agar tetap lestari dan eksis, tujuan digelarnya kegiatan Pentas Seni dan Budaya Fakultas Dharma Acarya ini ialah untuk menumbuhkembangkan kreativitas, inovatif serta berkolaboratif dalam berkarya dan berkesenian untuk melatih kekompakkan dan menumbuhkembangkan rasa ingin tahu serta untuk mengembangkan seni budaya sebagai aktualisasi diri dalam wadah pengembangan makna agar kita selalu bergembira, terhibur, senang, percaya diri dalam upaya menjaga dan melestarikan khasanah budaya leluhur yang agung agar tetap lestari dan eksis.

Searah dengan Wayan, Dr. I Ketut Sudiarta, S.Sos., M.A.P selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan Pentas Seni dan Budaya Fakultas Dharma Acarya ini ialah sebagai wadah untuk menampilkan kreatifitas seni budaya dosen, pegawai dan mahasiswa Dharma Acarya untuk melestarikan dan mengembangkan karya seni budaya tradisional daerah agar tidak lenyap ditelan oleh gagap gempitanya seni budaya asing.

Ketut juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi kalender kampus dalam lingkup yang lebih besar, bukan hanya dari masing-masing fakultas tetapi juga pada tingkat lembaga, sehingga kreativitas seni dan budaya warga kampus benar-benar tersalurkan sebagai identitas ciri warga kampus IAHN Tampung Penyang Palangka Raya.

“Kami sangat berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan kedepannya secara rutin”, harapnya.

“Selamat berkreativitas, tunjukkan bahwa mahasiswa/i adalah insan-insan seni yang pantas untuk tampil di depan khalayak umum dimulai dari kampus yang kita cintai ini”, tutupnya.//sars//