Religious Moderation In Education

HUMAS IAHNTPnews,- Moderasi beragama adalah sebuah cara pandang terkait dengan proses memahami dan mengamalkan ajaran agama agar dalam pelaksanaannya selalu dalam jalur yang moderat.

Untuk mendukung dan menggalangkan program penguatan moderasi beragama khususnya melalui bidang pendidikan, Fakultas Dharma Acarya, Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya melaksanakan Seminar Internasional dengan mengangkat tema “Religious Moderation In Education” yang dilaksanakan secara daring pada Hari Rabu (22/06/2022)

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Dharma Acarya, Dr. Drs. I Wayan Karya, M.Pd., M.Si dan dihadiri oleh Rektor IAHN-TP Palangka Raya, Dr. Mujiyono, S.Ag., M.Ag yang sekaligus menjadi Keynote Speaker pada kegiatan tersebut serta pejabat dan unsur pimpinan lainnya baik struktural maupun fungsional.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Dharma Acarya menyambut baik dan mengapresiasi kepada panitia dan seluruh komponen yang telah bekerjasama menyelenggarakan kegiatan Seminar Internasional Fakultas Dharma Acarya ini dan berkata bahwasannya dilaksanakannya seminar ini adalah untuk menggali wawasan serta ilmu yang lebih dalam terkait dengan moderasi beragama dalam pendidikan. Dekan berharap kegiatan seminar ini dapat mengembangkan pengetahuan dan minat mahasiswa, kalangan akademisi, dan masyarakat umum dalam menerapkan moderasi beragama.

“Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya sebagai satuan kerja di bawah Kementerian Agama turut serta mendukung program penguatan moderasi beragama, karena IAHN-TP Palangka Raya adalah lembaga pendidikan maka salah satu cara untuk menggalangkan moderasi beragama yaitu melalui kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, kami selaku Dekan Fakultas Dharma Acarya sangat menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan kegiatan Seminar Internasional Fakultas Dharma Acarya yang diselenggarakan pada hari ini terkait dengan moderasi beragama dalam pendidikan”, Jelas Dekan.

Niwayan Sukraini, M.Pd selaku Panitia dalam kegiatan ini mengatakan, tujuan diselenggarakannya Seminar Internasional ini adalah agar civitas akademika dapat menanamkan dan mempertahankan nilai-nilai moderasi ke dalam diri mahasiswa melalui pengajaran dan kegiatan belajar mengajar.

Niwayan menambahkan, kegiatan Seminar dengan tema “Religion Moderation In Education” ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting dengan menghadirkan tiga narasumber, yaitu :

1. Diane Butler, Ph.D dari Universitas Udayana;
2. Assist. Prof. Dr. Surasak Jamnongsarn, M.F.A dari Universitas Srinakharinwirot, Thailand; dan
3. Prof. Dr. Wayan Adnyana, S.Sn.,M.Sn dari Institut Seni Indonesia Denpasar. //a.s//

Reporter : Ni Made Sudharmi, SH
Editor : I Kadek Agus Yadnya, S.Fil.H.,M.Pd.H