SADHANA CAMP PRODI FILSAFAT AGAMA HINDU 2024 DI KABUPEN KATINGAN

IAHNTPnews,- Prodi Filsafat Agama Hindu Fakultas Dharma Duta dan Brahma Widya Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya menggelar acara Sadhana Camp di Katingan.

Acara pembukaan dilaksanakan di Gedung LPTIK Kab. Katingan dibuka oleh Rektor IAHN-TP dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Prof Tiwi Etika, Ph.D. dihadiri oleh Unsur Pimpinan IAHN-TP, Kasi Bimas Hindu Kab Katingan, Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Kaharingan Kab. Katingan pada Hari Jumat 05 April 2024.

Dalam laporan Ketua panitia yang disampaikan oleh Sekretaris Panitia I Gusti Agung Dharmawan, M.Pd melaporkan bahwa Sadhana camp dengan tema “Generasi Muda Hindu Berwawasan Global dan Cerdas Spiritual” diikuti oleh 20 orang mahasiswa IAHN-TP dan 40 Siswa siswi dari SMA di Kab. Katingan bersama Guru Pendamping.

Lebih lanjut dilaporkan bahwa Kegiatan dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 5-6 April 2024 dengan menghadirkan narasumber I Gede Agus Suparta, S.Ag.,M.Ag (Dosen STAHN Mpu Kuturan Singaraja) dan Maya Mulyono, S.H.,AH (Kasi Bimas Hindu Kemenag Katingan).

Dalam sambutan Prof. Tiwi Etika saat membuka acara mengatakan bahwa Di era globalisasi ini, generasi muda Hindu perlu memiliki wawasan yang luas dan pengetahuan yang mendalam tentang agama Hindu.
Mereka harus mampu memahami berbagai budaya dan tradisi yang ada di dunia, serta mampu menjawab berbagai tantangan zaman dengan berlandaskan pada nilai-nilai agama Hindu.

Selain itu, generasi muda Hindu juga perlu memiliki kecerdasan spiritual yang kuat. Kecerdasan spiritual ini akan membantu untuk memahami diri sendiri dan hubungannya dengan Tuhan, serta untuk menjalani hidup dengan penuh makna dan kebahagiaan.

Tiwi berharap Kegiatan Sadhana Camp ini dapat menjadi wadah bagi para generasi muda Hindu untuk meningkatkan wawasan global dan kecerdasan spiritual melalui berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan.

Penulis Berita: I Kadek Agus