IAHNTPnews,- Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHNTP) Palangka Raya melalui unit Perpustakaan menggelar rapat penting terkait rencana pembentukan Dayak Corner, Kamis (8/5). Rapat ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor II Bidang Administrasi dan Keuangan, para Dekan Fakultas, serta seluruh pimpinan lembaga di lingkungan IAHNTP.
Rektor IAHNTP, Dr. Mujiyono, S.Ag., M.Ag., dalam sambutannya menjelaskan bahwa inisiatif Dayak Corner ini terinspirasi dari kunjungan studi tiru ke UIN Antasari Banjarmasin yang telah sukses membentuk Banjar Corner. “Di UIN Antasari, mereka memiliki ruang khusus yang memuat karya sastra, buku-buku para sastrawan dan budayawan Banjar, serta menjadi pusat referensi penelitian budaya Banjar. Rektor UIN menyarankan agar kami juga memiliki pusat penelitian budaya lokal, khususnya yang berfokus pada teologi dan kearifan lokal suku Dayak,” ujarnya.
Lebih lanjut, Rektor menyampaikan bahwa keberadaan Dayak Corner nantinya dapat menjadi wadah penting dalam menghimpun dan mengarsipkan karya sastra maupun karya tulis tentang budaya lokal Dayak, khususnya Dayak Hindu Kaharingan. “Ini adalah gagasan strategis dalam upaya pelestarian budaya lokal jenius masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah,” tambahnya.
Wakil Rektor II, Mitro, S.Pd., M.Si., turut memberikan pandangannya. Ia menilai inisiatif ini sangat mendukung kelengkapan fasilitas perpustakaan. “Pembentukan Dayak Corner dapat menjadi nilai tambah dalam pengembangan perpustakaan sebagai pusat literasi dan kebudayaan. Namun tentu prosesnya harus dikaji secara mendalam dari berbagai aspek, baik konten, sarana, hingga kurasi bahan pustaka,” jelasnya.
Rektor menutup rapat dengan menekankan pentingnya persiapan yang matang. Ia berharap bahwa Dayak Corner nantinya tidak hanya menjadi ruang fisik, tetapi juga memiliki nilai religius dan spiritual, selaras dengan visi keilmuan IAHNTP.
Dengan adanya langkah awal ini, IAHNTP menunjukkan komitmennya dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Dayak sebagai warisan lokal yang sarat makna dan nilai.//ar//