Citizen Journalism di Era 4.0

IAHN-TPnews,- Seiring semakin majunya teknologi komunikasi di era revolusi industri 4.0 tentu berdampak pula pada perkembangan dan perubahan sistem jurnalisme kita, khususnya dari jurnalisme media cetak kearah jurnalisme yang berbasis pada sistem online. Internet telah membawa perubahan mendasar dalam segala aspek kehidupan masyarakat kita, mulai dari hubungan sosial, perilaku politik, model bisnis hingga praktik jurnalisme. Bertolak dari latar belakang tersebut Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP )Palangka Raya mengadakan Seminar Regional dengan mengangkat tema Citizen Juornalism di era 4.0 Transformasi & Tantangan.

Seminar dibuka secara resmi oleh Rektor IAHN TP Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil. Dalam sambutannya Rektor mengharapkan agar kegiatan ini bisa menjadikan peserta mengerti mengenai alat media komunikasi, serta bisa memberikan dan menyampaikan informasi yang benar,”ucap Rektor saat kegiatan berlangsung di Aula Student Center IAHN-TP Palangka Raya, Senin (30/9).

“Sebagai akademisi harus selektif dalam menerima berita yang disampaikan oleh jurnalis, serta mampu menyampaikan pesan yang baik dan benar”, ujarnya.
“Dan juga bisa menjadi teladan dalam menyampaikan pesan atau informasi yang memiliki nilai–nilai ajaran Hindu, agar tercipta kedamaian untuk kita semua ,”katanya.

Ketua Panitia, Dr. Ervantia Restulita L. Sigai, SS., M.Si, mengatakan, tujuan seminar regional ini agar pemahaman citizen jurnalism menjadi sarana yang mendukung arus pemberitaan mainstreem, menjadi alternatif dalam pencarian fakta dan memiliki pemahaman tentang proses berita.
“Agar tidak menimbulkan konflik, serta mengetahui kode etik jurnalistik dan UU Pres,”terangnya.

Foto Saat Laporan Ketua Panitia Seminar Regional

“Saya berharap semoga para peserta benar-benar mengikuti dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh para narasumber,”tandas dia.

Seminar diikuti oleh 200 peserta, yang berasal dari dosen dan mahasiswa IAHN TP, dari para guru dan penyuluh agama Hindu kabupaten se-Kalteng, serta peserta dari Kalimantan Selatan.

Poto Peserta Seminar Regional 2019

Sementara itu yang menjadi narasumber seminar adalah, Ngakan Putu Putra dari Redaktur Media Hindu, Budi Widodo, SH., MH dari IAHN-TP Palangka Raya dan Dr. Jelaini, M. Ikom dari Dewan Pres Kalteng, dengan Moderator Hadianto Ego Gantiano, M.Pd.H. //sar//