Hinduism in the Millenial Era

Hindusm in the Millenial Era - Pemateri Seminar Internasional

IAHN-TPnews,- Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menggelar Seminar International, dengan tema “Hindusm in the Millenial Era” bertempat di Hotel Aquarius Jalan Imam Bonjol Palangka Raya, Kamis, 3/10/2019.

Hindusm in the Millenial Era - Foto Saat Sambutan Rektor IAHN TP
Foto Saat Sambutan Rektor IAHN TP

Seminar Internasional dibuka secara langsung oleh Rektor IAHN TP Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil. dihadiri dari berbagai elemen masyarakat dan perwakilan dari 15 Universitas yang ada Indonesia, sebanyak 300 orang peserta. Menghadirkan empat Narasumber, yaitu:

  1. Professor of Anthropology George Mason University, Anne L. Schiller, Ph.D;
  2. Munchen-Germany, Hanno Kamppffmeyer;
  3. The Historical figure of integration, DR (HC) Lewis KDR BBA;
  4. The historical figure of integration, Drs. Oka Swastika,SH., M Si.
Hindusm in the Millenial Era - Foto Narasumber dan Moderator Seminar Internasional
Foto Narasumber dan Moderator Seminar Internasional

Dalam sambutannya Rektor IAHN TP Palangka Raya mengatakan bahwa Kegiatan ini digelar demi tercapainya kerukunan dan keharmonisan. “Untuk menghindari isu-isu yang beredar, terkait integrasi antara kaharingan dan Hindu. Agar para akademisi, tokoh, umat dan segenap masyarakat bisa memahami tentang makna dari perkembangan Agama Hindu di era sekarang ini,” jelas Rektor.

“Selain itu juga momen untuk dapat berbagi informasi wawasan pengetahuan, terutama komponen Agama, sehingga tidak ada lagi pertanyaan-pertanyaan yang menimbulkan kekeliruan, yang mana apabila kita berbicara mengenai agama, intinya sebagai spirit, membangkitkan, rukun harmonis dan selaras dengan suasana bertoleransi,” tuturnya.

“Saya juga berharap, masyarakat selalu rukun dan memiliki toleransi yang tinggi, terhadap satu dengan yang lainnya. Sebab kebersamaanlah yang dapat menyejukan,” tambahnya.

Hindusm in the Millenial Era - Foto saat Laporan Ketua Panitia
Foto saat Laporan Ketua Panitia

Ketua Panitia, Tiwi Etika, S.Ag.,M.Ag.,Ph.D menyampaikan bahwa dalam menyelenggarakan kegiatan tersebut, pihaknya sengaja mengundang orang-orang yang meneliti tentang Kaharingan selama ini. “Semoga semua peserta bisa mengikuti kegiatan ini, dan bisa menyampaikan isi pembahasan ini kepada masyarakat khususnya Kaharingan,” harapnya.

Hindusm in the Millenial Era - Foto Peserta Seminar Internasional
Foto Peserta Seminar Internasional

Seminar Internasional sesi kedua dilanjutkan dengan presentasi call for paper, yaitu dari:

  1. Airlangga University-Surabaya, Prof Yaswant Pathak;
  2. Udayana University-Denpasar Bali, Dr. I Putu Sutama M.Si:
  3. Institut of Technology Keling Kumang West Borneo-Kalbar, Masri Sareb Putra MA;
  4. dengan Moderator Prof. I Nyoman Sudyana, M.Sc (Universitas Palangka Raya).
Hindusm in the Millenial Era
Foto bersama Penyerahan Piagam Penghargaan oleh Rektor kepada narasumber dan Moderator yang diserahkan oleh Wakil Rektor I