Anne L. Schiller Berikan Pembinaan Dosen di IAHN TP Palangka Raya

IAHN-TPnews,- Jumat, (04/10) Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN TP) Palangka Raya mendapatkan kunjungan seorang tamu istimewa, Profesor Antropologi dari George Mason University Amerika Serikat, Anne L. Schiller, Ph.D. Dalam kesempatan ini beliau memberikan materi pembinaan untuk para dosen di lingkup IAHN TP Palangka Raya.

Kegiatan pembinaan dosen ini mengangkat tema: “Penelitian Observasi Partisipasi dan Studi Identitas di Kalimantan Tengah”. Bertempat di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lantai II, seluruh dosen beserta jajaran pimpinan  IAHN TP Palangka Raya menghadiri kegiatan pembinaan ini. Rektor IAHN TP Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil yang juga selaku moderator dalam acara ini memberikan sambutan.

Rektor (kanan) bersama Anne L. Schiller (kiri)

“Kegiatan pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di IAHN TP Palangka Raya khususnya para dosen,” ujarnya.

“Anne L. Schiller telah mempunyai pengalaman yang sangat banyak dalam mendalami kebudayaan suatu bangsa, beliau telah melakukan penelitian di berbagai negara, diantaranya adalah Italia dan Indonesia, khususnya di Kalimantan,” imbuhnya.

Paparan materi oleh Anne L. Schiller

Dalam paparan materi pembinaanya, Anne mengungkapkan, “Hasil suatu penelitian berdasarkan observasi partisipan akan berbeda dalam setiap kasus, karena ada beberapa hal yang mempengaruhinya.”

“Perbedaan pengalaman pribadi peneliti berdampak pada perbedaan dalam pengajuan pertanyaan, perbedaan pelatihan profesionalitasnya akan berdampak pada cara memilih masalah yang akan diteliti, dan perbedaan periode waktu penelitian akan berpengaruh pada ide-ide yang akan muncul dari seorang peneliti,” lanjutnya.

Sesi foto bersama

Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada Anne. “Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua,” tutupnya. //sar//