Persembahyangan Menyambut Hari Raya Galungan

IAHN-TPNews,- Sivitas Akademika Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya melaksanakan Basarah sekaligus Persembahyangan bersama dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan, Rabu (14/04/2021) bertempat di Balai Basarah IAHN-TP Palangka Raya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah guna mencegah penyebaran Covid-19.

Persembahyangan dipimpin oleh Direktur Program Pascasarjana Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, Dr. Mujiono, S.Ag., M.Si sebagai Mangku dan dihadiri oleh Handoko, S.Ag., M.Si selaku Wakil Dekan Fakuktas Dharma Duta dan Brahma Widya (FDDBW), unsur Dosen, serta Mahasiswa IAHN-TP Palangka Raya. Persembahyangan turut dihadiri Maladi selaku Pengawas Sekolah Tingkat Dasar Kemenag Kota Palangka Raya.

Dalam sambutan Rektor, yang dalam hal ini diwakili oleh Budhi Widodo, S.H., M.H selaku Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menegaskan bahwa Hari Raya Galungan merupakan wujud bhakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Ranying Hatalla Langit yang dimaknai sebagai hari kemenangan dharma melawan adharma.

“Selain itu, makna dari perayaan Hari Raya Galungan ini juga sekaligus sebagai evaluasi diri terutama bagi seluruh mahasiswa IAHN-TP Palangka Raya untuk dapat meningkatkan kemampuan diri khususnya dalam hal pengetahuan dan peningkatan spiritual, hal ini sebagai wujud pelaksanaan misi IAHN-TP Palangka Raya untuk menjadikan mahasiswa yang religius,” ungkapnya.

Searah dengan yang disampaikan Wakil Rektor III, Krisna Widia selaku Mahasiswa IAHN-TP Palangka Raya dalam penyampaian pandehen yang Ia sampaikan menjelaskan, sebagaimana disebutkan dalam Kitab Suci Panaturan bahwa pengetahuan adalah hal yang utama.

“Sebagai mahasiswa, kita dapat berbuat berdasarkan dharma untuk dapat mengalahkan adharma, sehingga kelak dapat mengalahkan musuh terbesar yaitu musuh yang ada di dalam diri kita sendiri,” tuturnya. //sars//