Webinar Nasional Prodi Magister Manajemen Pendidikan Agama Hindu

IAHN-TPnews,- Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Agama Hindu Program Pascasarjana Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menggelar Webinar Nasional dengan tema “Inovasi Manajemen Pembelajaran Pada Pandemi COVID-19”, Senin (7/6/2021) bertempat di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lantai II IAHN-TP Palangka Raya.

Webinar Nasional ini dibuka oleh Dr. Mujiyono, S.Ag. M.Ag selaku Direktur Program Pascasarjana IAHN-TP Palangka Raya. Dalam sambutannya, Ia menyambut positif dengan digelarnya kegiatan Webinar Nasional ini.

Sambutan oleh Direktur Program Pascasarjana IAHN-TP Palangka Raya
Sambutan oleh Direktur Program Pascasarjana IAHN-TP Palangka Raya

“Saya haturkan terimakasih kepada panitia penyelenggara webinar nasional yang telah merancang, melaksanakan kegiatan webinar nasional dalam rangka untuk memotivasi untuk memberikan dorongan yang kuat kepada para mahasiswa dan para dosen dalam rangka pendidikan khususnya pembelajaran, karena pembelajaran saat ini sangat dibutuhkan suatu manajemen inovasi yang kuat sekali,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan agar kelak Program Pascasarjana IAHN-TP Palangka Raya yang saat ini telah memiliki tiga prodi, dapat membuka prodi lain termasuk program Doktor dan mengharapkan agar kegiatan Webinar Nasional ini dapat diikuti dengan baik oleh para peserta webinar.

“Mohon dukungan dan mohon doa restu, mudah-mudahan segera bisa membangun dan memberikan atau membuka program-program yang lain juga termasuk program Doktor. Mudah-mudahan dari awal sampai akhir para peserta bisa mengikuti webinar ini dengan baik dan kami mohon berkenan kepada semua para peserta mengikutinya dari awal sampai akhir,” harapnya.

Webinar Nasional ini digelar secara daring dan terbuka untuk umum dengan diikuti oleh 141 peserta dari praktisi pendidikan di seluruh Indonesia. Dengan menghadirkan 3 narasumber, yakni Prof. Dr. H. Imron Arifin, M.Pd. (Universitas Negeri Malang), Dr. Drs. I Wayan Damai, M.Pd., M.Sc., M.Si (Universitas Negeri Manado), dan Dr. Putu Widyanto, M.Pd (IAHN-TP Palangka Raya) dengan Dr. I Ketut Sudiarta, S.Sos. MAP (IAHN-TP Palangka Raya) sebagai Moderator.

Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si., D.Phil yang pada kali ini sebagai Keynote Speaker dalam webinar ini menyampaikan bahwa kita harus dapat menghadapi tantangan dalam masa pandemi COVID-19 ini dengan memunculkan inovasi-inovasi yang akan bermanfaat dalam terselenggaranya proses pembelajaran untuk mencerdaskan anak bangsa.

Keynote Speeching oleh Rektor IAHN-TP Palangka Raya
Keynote Speeching oleh Rektor IAHN-TP Palangka Raya

“Kondisi keadaan pandemi ini menjadi tantangan, bahwa masa pandemi ini menjadi semacam kondisi yang memberikan pengaruh besar, mau tidak mau, suka tidak suka pembelajaran ini kita mesti berinovasi tidak ada istilah pembelajaran itu berakhir, pembelajaran tetap dilanjutkan karena ini proses bagaimana upaya pendidikan. Dunia pendidikan di segala jenjang berupaya mencerdaskan anak bangsa menuju anak yang berkualitas yang bertanggung jawab, anak siap pakai, anak yang berkompetisi, anak yang siap berdaya saing kedepannya dalam upaya untuk melakukan pembelajaran mengikuti pembelajaran di dunia pendidikan baik sekolah dan di kampus,” tutur Rektor.

“Saya yakin pembelajaran ini satu hal yang prioritas bagi kita dalam dunia pendidikan bagaimanapun kondisi dan situasi yang melanda di era globalisasi ini bahwa tentu kita dengan pola pikir, kecermatan dan kecekatan kita berinovasi melakukan tata kelola yang benar, merencanakan yang benar, melaksanakan yang benar me-manage yang benar termasuk juga bagaimana pembiayaan yang akurat dalam masa pandemi ini yang sesuai dengan tema dalam webinar ini,” ungkap Rektor. //sars//