Pelatihan Pembuatan Sarana Upacara Agama Hindu

IAHN-TPnews,- Senin (21/06/2021) Fakultas Dharma Acarya (FDA) Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menggelar kegiatan Pelatihan Pembuatan Sarana Upacara Agama Hindu dengan tema “Melalui Pelatihan Sarana Upacara Agama Hindu, Kita Tingkatkan Keterampilan dan Kualitas Yajna”.

Sambutan dari Dekan FDA diwakilkan oleh Wakil Dekan II FDA
Sambutan dari Dekan FDA yang diwakilkan oleh Wakil Dekan II FDA

Acara pembukaan kegiatan dihadiri oleh Unsur Pimpinan Fakultas Dharma Acarya serta dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Dharma Acarya, yang dalam kesempatan ini diwakilkan oleh Dr. I Nyoman Sidi Astawa, S.Ag.,M.A selaku Wakil Dekan II Fakultas Dharma Acarya yang dalam sambutannya menyambut positif dengan kegiatan yang diselenggarakan dan berharap agar mahasiswa dapat benar-benar memanfaatkan kegiatan ini sehingga kelak dapat berguna.

“Kegiatan Pelatihan Pembuatan Sarana Upacara Agama Hindu merupakan suatu hal yang sangat penting, sangat urgent khususnya di Prodi Pendidikan Agama Hindu dan Prodi Pendidikan Seni dan Keagamaan mengingat di kedua Prodi ini memiliki satu mata kuliah, yaitu Acara Agama Hindu dimana sebagai seorang calon guru Pendidikan Agama Hindu tentunya di praktek-praktek acara, saudara sebagai mahasiswa tentunya harus memiliki kompetensi, kemampuan untuk hadir di masyarakat memenuhi kebutuhan masyarakat, kebutuhan stakeholder maupun Pandita dan sebagainya baik itu secara Hindu Dharma dan Hindu Kaharingan,” ungkapnya

“Kepada para mahasiswa kami harapkan, karena ini merupakan kegiatan yang sangat penting berkaitan dengan kompetensi saudara sebagai mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Hindu dan Pendidikan Seni dan Keagamaan tentunya tolong benar-benar mengikuti, benar-benar mempelajari karena ini merupakan suatu kesempatan apabila terjun kemasyarakat kelak,” harapnya.

Laporan oleh Ketua Panitia Kegiatan
Laporan oleh Ketua Panitia Kegiatan

Dalam laporan Dr. Mujiyono. S.Ag.,M.Ag selaku Ketua Panitia kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk diselenggarakan dan bertujuan agar mahasiswa dapat menjadi umat yang kelak dapat berguna untuk menerapkan ilmunya di masyarakat nantinya.

“Pelatihan Sarana Upacara itu sangat penting bagi kita semua, masyarakat yang memeluk Agama Hindu apapun latar belakangnya, baik Hindu yang berasal dari Jawa, Hindu yang berasal dari Bali , Hindu berasal yang dari Karo dan seluruh yang ada di Nusantara. Karena sarana prasarana yang disebut juga zat suci bagi umat Hindu merupakan kewajiban. Kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa menjadi intelektual, menjadi tokoh umatnya nanti mampu membimbing generasi muda Hindu yang akan datang,” jelasnya.

Hasil Pembuatan Sarana Upacara Agama Hindu
Salah satu hasil pembuatan Sarana Upacara Agama Hindu

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Sarana Upacara Agama Hindu ini dilaksanakan selama dua hari, yakni dari tanggal 21 Juni s/d 22 Juni 2021 bertempat di Gedung Aula Serbaguna IAHN-TP Palangka Raya dengan diikuti sebanyak 35 peserta dan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 sesuai dengan arahan pemerintah.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan tiga Instruktur, yakni Sagung Rai Puspawati, S.Ag dan I Made Widiana pada pelatihan hari pertama serta Susanto pada pelatihan hari kedua dengan I Made Paramarta, S.Ag., M.Pd.H dan I Ketut Agus Muliana, S.Ag.,M.Fil.H sebagai Moderator. //sars//