Pertunjukan Seni Budaya dan Olahraga Tahun 2019

IAHN-TP News,- Senin(18/11), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya menggelar Pertunjukan Seni Budaya dan Olahraga (PSBO) Tahun 2019. Kegiatan ini merupakan satu rangkaian dari perlombaan yang mempertunjukkan kemampuan dalam bidang seni budaya dan olahraga. Seluruh perguruan tinggi di Palangka Raya mengirimkan wakil mahasiswanya untuk menjadi peserta di PSBO 2019. Lomba yang dihelat dalam kesempatan ini adalah Sepakbola, Bola Voli, Seni Tari dan Karungut yang berlangsung dari tanggal 18-24 November 2019.

Rektor IAHN-TP Palangka Raya, Prof. Drs. I Ketut Subagiasta, M.Si.,D.Phil membuka secara langsung PSBO 2019 yang dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Hukum Walikota Palangka Raya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Pembimas Hindu Provinsi Kalimantan Tengah, MB-AHK Pusat Palangka Raya, MD-AHK Kota Palangka Raya, Unsur Pejabat IAHN-TP Palangka Raya dan para peserta perwakilan dari semua Perguruan Tinggi di Palangka Raya.

Sambutan dari Rektor

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan bahwa melalui kegiatan PSBO ini diharapkan akan menggali potensi yang dimiliki oleh generasi milenial di Kalimantan Tengah dalam bidang seni budaya dan olahraga, sehingga akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang kelak mampu bersaing di dunia global.

“Kedepannya, IAHN-TP Palangka Raya akan terus mendukung penuh kegiatan ini, PSBO akan menjadi agenda rutin tahunan, sehingga akan terus menciptakan generasi muda yang berkualitas dan menjadi perekat kebersamaan, keharmonisan serta persatuan antar Perguruan Tinggi di Kalimantan Tengah,” ungkap Rektor.

Staf Ahli Walikota Palangka Raya membacakan sambutan Walikota Palangka Raya

Walikota Palangka Raya, yang dalam kesempatan kali ini diwakili oleh Drs. Murni Djinu selaku Staf Ahli Bidang Hukum Walikota Palangka Raya menyampaikan apresiasinya terhadap perlombaan ini karena memiliki banyak manfaat serta membawa dampak positif bagi generasi muda.

“Olahraga dapat mewujudkan jiwa dan akal yang sehat, sedangkan Kesenian dan Kebudayaan wajib kita lestarikan, sehingga Olahraga, Budaya dan Seni akan mendorong tunas-tunas bangsa dalam menerapkan hal-hal positif khususnya bagi mahasiswa dan mahasiswi yang ada di Kota Palangka Raya,” lanjutnya.

Sambutan dari Presiden BEM IAHN-TP Palangka raya

Menurut Fran Nandoe selaku Presiden BEM IAHN-TP Palangka Raya, PSBO 2019 memiliki misi penting sebagai wadah untuk mengembangkan budaya lokal di Kalimantan Tengah menjadi budaya yang bereksistensi tinggi di kalangan masyarakat Kota Palangka Raya

Laporan dari Ketua Panitia PSBO 2019

Lebih lanjut, Shinta selaku Ketua Panitia PSBO juga memberikan semangat kepada seluruh peserta untuk mengikuti setiap perlombaan dengan sepenuh hati sehingga apa yang menjadi tujuan dan maksud kegiatan PSBO ini akan tercapai dengan optimal.

Para peserta dan undangan yang menghadiri pembukaan PSBO 2019

Perlombaan pertama yang dihelat tepat setelah acara pembukaan PSBO 2019 adalah dari cabang olahraga Sepakbola, tim pertama yang bertanding adalah Tim Sepakbola IAHN-TP Palangka Raya melawan Tim Sepakbola IAIN Palangka Raya. Pertandingan pertama ini berakhir dengan skor 2-0, dimenangkan oleh Tim Sepakbola Tuan Rumah. Gol pertama lahir di menit ke 13, dicetak oleh Fran Sapta. Sedangkan gol kedua tercipta dari tendangan pojok Andreas selaku Kapten Tim Sepakbola IAHN-TP Palangka Raya yang gagal diantisipasi oleh Penjaga Gawang Tim Sepakbola IAIN Palangka Raya.

Kapten Kesebelasan IAHN-TP Palangka Raya Berjibaku dengan Kiper Kesebelasan IAIN Palangka Raya

Dari perlombaan-perlombaan yang digelar di hari pertama ini dapat diprediksi bahwa persaingan hingga pertandingan final perebutan juara di seluruh cabang perlombaan akan terus berlangsung ketat, karena setiap tim maupun individu yang berlaga merupakan perwakilan dari masing-masing Perguruan Tinggi yang telah dinilai mempunyai kompetensi tinggi di bidangnya.//sar//